Minggu, 28 Februari 2010

HCI (HUMAN COMPUTER INTERACTION )

SEJARAH HCI

Setiap peristiwa yang terjadi menurut cara pandang manusia terjadi karena pergesaran paradigma dimana seseorang tersebut datang sehingga dapat membantu sehingga orang tersebut mengetahui kemana dia akan melangkah atau akan melakukan hal apa. Kira-kira pada tahun 1700-an dan 1800-an orang-orang mulai berpikir akan komputer digital, sedangkan teknologi baru mulai ada sekitar tahun 1940-an dan 1950-an. Karana itulah terjadi istilah paradigma.

Paradigma dapat menuturkan interaksi yang telah ada sebelumnya dan dianggap telah berhasil beserta prinsip interaksi yang seharusnya ada pada suatu desain sistem interaksi itu. hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat mencapai sesuatu yang di inginkan di dalam sebuah aplikasi.

PARADIGMA

IMK yang sudah berkembang seperti sekarang diperoleh dari usaha yang tidak mudah dan harus dengan rancangan yang sangat penuh kreatifitas. Sebagaimana yang dikemukakan sebagai pandangan teoritis dari beberapa ahli seperti Aristoteles, Newton, Einstein (relativitas) paradigma dalam fisika. Berikut ada beberapa kelebihan-kelebihan dari tekhnik dan rancangan pada sistem interaksi karena kemajuan pada bidang IMK ini yang disebut juga sebagai pergesaran paradigma.

- VDU
VDU atau Video Display Unit merupakan salah satu cara untuk dapat menampilkan dan memanipulasi informasi dalam bentuk citra melalui komputer. Ini ditemukan kira-kira pertengahan tahun 1950-an oleh seorang peneliti. Cara ini sangat membantu karena dapat melakukan proses dengan cepat dalam menyajikan informasi.

- PERSONAL COMPUTER
PC( Personal Computer ) sangat membantu programming untuk dapat meningkatkan produktivitas nya dalam pemrograman. Engelbart memiliki visi kalau komputer ini tidak hanya untuk orang yang mengerti komputer saja, tapi bagi setiap orang yang membutuhkan.

- WIMP
WIMP ( Windows, Icon, Menus and Pointers ) merupakan interaksi antara sistem windows dengan WIMP, sehingga manusia mampu berpikir lebih dari satu pada waktu yang bersamaan.

- DIRECT MANIPULATION

Direct Manipulation pertama muncul dari personal computer macintosh dari apple computer Inc. Manipulasi ini sangat berguna sehingga memungkinkan user dapat mengubah keadaan internal sistem menjadi lebih cepat.

- MULTIMEDIA
sistem ini digunakan sebagai saluran komunikasi manusia. Karena manusia selalu menggunakan indera visual pada saat menjalankan komputer.

- BAHASA
Bahasa yang digunakan adalah bahasa pradigma yang memungkinkan untuk mendeskripsikan prosedur generic misalnya mekanisme perulangan. Dan juga mengggunakan interface sebagai mediator. Pradigma bahasa memilki kelebihan dan kekurangan dibanding pradigma aksi. Pradigma aksi dapat dengan mudah melakukan tugas tanpa resiko untuk dapat melakukan kesalahan.

- METAPHOR
Metaphor digunakan untuk mengajarkan konsep baru dengan konsep yang telah dipahami. Semua yang digunakan merupakan pemecahan masalah yang ada pada hubungan manusia dengan komputer. Disini diperkenalkan peralatan komputer yang memilki teknik interaksi yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

- CSCW
CSCW (Computer- Supported Cooperative Work ) merupakan komputer personal yang dapat bekerja secara individu dan dapat berhubungan dengan komputer lain bahkan di seluruh dunia. Karena itu lah muncul Computer- Supported Cooperative Work untuk memudahkan hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

- UBIQUITOUS
Pada Ubiquitos orang-orang tidak lagi menggunakan menngunakan perangkat virtual tapi penghuni virtual. Dengan lingkungan komputasi yang sudah cukup memadai sehingga tidak menghiraukan aspek makro sosial yang ada.

Ubiquitos ini pada tahun 90-an, seperti PDA, Ves dan lain-lain.

Pendapat beberapa ahli :

Vennevar Bush
Diperkirakan pada tahun 1945, Vannevar Bush memimpin ribuan ilmuwan yang mendapat kesulitan pada saat melakukan penelitian yang sedang dijalankan untuk mendapat kan literatur yang makin hari makin bertambah. Selanjutnya dia mengembangkan inovasi penyimpanan informasi dan pengambilan produk yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penyimpanan data informasi dengan memori yang sudah cukup besar. Dan dia juga dapat membuat jejak link melalui materi. Dimana mekanisme penyimpanan informasi dan mekanisme pengambilan disebut dengan Memex. Hingga pada pertengahan tahun 1960-an Ted Nelson mengeluarkan istilah Hypertex bagi metode penyimpanan informasi dan format non-linier yang memungkinkan akses atau browsing secara acak.

J.R. Licklider
Sekitar tahun 1960 menyebutkan hubungan simbiosis antara manusia dan komputer dimana pasangan otak manusia dan mesin komputer sangat berhubungan dengan informasi yang merevolusi penanganan suatu komputer. Dia memiliki tujuan atau visi yang terbagi menjadi Immed dan intermed. Immed terdiri dari waktu berbagi,interakif dimana sistem waktu yang dikehandaki nyata,dan penyimpana informasi dengan skala yang besar.
Intermed terdiri dari gabungan speech recognition , caracter recognition, pena cahaya pengeditan yang terbagi menjadi pemahaman bahasa yang masih alami/dasar, pengenalan bahasa yang dilakukan user sendiri, dan pemrograman yang bersifat hueristik.

Ivan Sutherland
Mengemukakan tentang hierarki gambar dan subpicture dengan master gambar dengan contoh OOP, icon. Dan menggunakan light pen sebagai perangkat input.

Douglash Engelbart
Dia menyebutkan landmark sistem/demo dimana terdiri dari hierarki hypertex, multimedia, mouse, high-res layar, jendela, berbagi file, pesan elektronik, CSCW, telekonfrensi.

Alan Kay
Dengan Dynabook yang memiliki ukuran penuh dengan menggunakan komputer multimedia yang dapat menyimpan banyak semua informasi yang diperlukan.



PC-PC menggunakan GUI

Diantara PC yang menggunakan GUI adalah :

Pada tahun 1970-an ada Xerox PARC , kemudian alto, dengan menggunakan prosesor lokal, bitmap laya, mouse prekursor GUI modem, jendela, menu, scrollbar, LAN- Ethernet.

Xerox star pada tahun 1981-an
Xerox star ini merupakan PC komersial pertama yang dirancang untuk menjalankan bisnis profesional. Dengan metafora dekstop, menunjuk WYSIWYG yang memilki konsistensi yang tinngi dan kesederhanaan. Kemudian Xerox star ini juga merupakan sistem yang pertama kali didasarkan pada kegunaan rekayasa kertas prototyping dan merupakan analisis tentang pengujian dan perbaikan iteratif.

Star
Star merupakan salah satu produk gagal, yang memilki sistem arsitektur yang tertutup dan kunci yang kurang bergungsi sehingga ia disebut produk gagal.

Apple Lisa, tahun 1982
Terbentuk karena mendapat kan ide dari star, prosesor nya lebih mempunyai akses pribadi dibanding menggunakan office tools dan sangat jarang ditemukan kegagalan pada tipe ini.

Apple macinthos tahun 1984
Pada tipe ini sudah mulai agak sempurna karena sistem nya tidak gampang eror, lebih cepat dalam mengkopi data, tampilan yang juga sudah semakin baik disetiap panduan, memilki aplikasi pihak ke-3, dan grafis yang memiliki kualitas yang tinggi dengan laser printer.


R. Siti Aminah Nursyahbani
50407670
3ia07

0 komentar:

Posting Komentar