Selasa, 02 Maret 2010

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT KARTUN ANIMASI ”KAMPUNGKU” MENGGUNAKAN FLASH

  1. Membuat Background

- Pertama buka area stage 400 x 200 pixel.

- Sediakan 7 layer dengan nama layer sound, becak, ibu, sepeda, background, gerobak dan awan.

- Tekan Ctrl+L untuk membuka panel Library.

- Maka akan tampil 5 folder yaitu becak, gerobak, ibu, sepeda, dan background.

- Pilih frame 1 pada layer awan.

- Pastikan ukuran stage W: 59 dan H: 20.

- Berikan create motion tween pada frame 1.

- Tekan F6 pada frame 65 kemudian pada properties atur W: 118 dan H: 41 lalu tempatkan gambar awan yang sudah dibuat sebelumnya.

- Tekan F6 kembali pada frame 245 lalu drag gambar ke kanan.

- Kembali tekan F6 pada frame 380 lalu drag gambar ke kanan ke luar area stage.

- Pilih frame 1 layer background kemudian pada panel library drag gambar kampung yang sudah dibuat sebelumnya yang ada pada folder background.

- Pastikan gambar kampung menutupi area stage.

- Berikan create motion tween pada frame 1 layer background.

- Tekan F6 pada frame 65.

- Pilih frame 1 lalu drag gambar kampung ke bawah area stage.

- Tekan kembali F6 pada frame 300 dan 380.

- Pilih frame 380 kemudian drag kembali gambar kampungku ke bawah area stage seperti pada frame 1.

  1. Animasi Karakter 1.

- Pilih layer becak kemudian tekan F7 pada frame 65.

- Klik ganda pada folder becak yang telah disediakan kemudian klik dan drag movie clip becak ke luar area stage.

- Tekan F6 pada frame 115 kemudian drag movie clip becak ke dalam area stage.

- Tekan F6 kembali pada frame 135 dan 170.

- Pilih frame 170 lalu drag gambar becak ke kiri ke luar area stage.

- Tekan F7 pada frame 171.

  1. Animasi Karakter 2.

- Sekarang pilih frame 1 pada layer ibu.

- Kemudian pada panel Library lakukan klik ganda pada folder ibu.

- Klik dan drag gambar ibu1 ke area stage ubah ukuran W: 19 dan H: 63.

- Berikan create motion tween pada frame 1.

- Tekan F6 pada frame 64.

- Pilih frame 1 kemudian drag gambar ibu1 ke bawah area stage.

- Tekan F6 pada frame 80 lalu ubah ukuran W: 27 dan H: 90.

- Dengan menahan tombol Shift klik di frame 65 dan juga frame 79.

- Tekan F6 maka akan tampak beberapa frame pada panel timeline.

- Miringkan ke kiri gambar ibu1 pada frame 65, 69, 73, dan 77.

- Miringkan ke kanan gambar ibu1 pada frame 67, 70, 74, dan 78.

- Tekan kembali F6 pada frame 115.

- Tekan F7 pada frame 135.

- Masih di frame 135, buka kembali panel library.

- Buka folder ibu klik dan drag ke area stage gambar ibu 2. tempatkan didalam gambar becak.

- Tekan F6 pada frame 170 kemudian pada frame tersebut drag gambar ibu 2 mengikuti jalan becak.

- Tekan F7 pada frame 171.

  1. Animasi Karakter 3.

- sekarang tekan F7 pada frame 120 layer gerobak.

- Kemudian buka folder gerobak pada panel library.

- Drag movie clip gerobak ke area stage.

- Berikan create motion tweeen pada frame 120.

- Tekan F6 pada frame 285 kemudian drag klip movie gerobak ke kiri area stage.

- Tekan F7 pada frame 286.

- Sekarang pilih layer sepeda lalu tekan F7 pada frame 195.

- Drag movie clip sepeda dari folder sepeda.

- Berikan create motion tween pada frame 195.

- Tekan F6 pada frame 300 lalu drag movie clip ke kanan stage.

- Tekan F7 pada frame 301.

  1. Memberikan Sound

Tahap terakhir dalam pembuatan animasi kartun kampungku ini adalah memberikan sound. Langkah pembuatannya adalah:

- Sekarang pilih layer sound.

- Import sound dengan cara klik file/import>import to stage.

- Klik folder bahan/ sound/bab 3 kemudian dengan menahan shift seleksi ketiga sound lalu klik open.

- Pilih frame 1 lalu pada panel properties pilih sound: Fanfare Full Mix 3.WAV, effect:None, sync: Event dan pilih repeat.

- Tekan F7 pada frame 110.

- Pada properties pilih sound: Fanfare Flutes.WAV.

- Tekan F7 kembali pada frame 135.

- Pada properties pilih sound: Fanfare Full Mix 3.WAV.

- Tekan F7 kembali pada frame 240 lalu ubah sound menjadi : Fanfare Flutes.WAV.

- Pilih F7 pada frame 265 lalu ubah kembali sound menjadi : Fanfare Full Mix 3.WAV.

- Pilih frame 1 layer Gerobak lalu pilih sound: Farm Chick-One.WAV.

- Tekan Ctrl+S untuk menyimpan animasi dengan nama Kampungku.

- Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi.

Hasil Animasi Kampungku:




2 komentar:

danta mengatakan...

agak ribet ne nampak-a .. :D

cupu mengatakan...

contoh yg udah jadi g da y...

Posting Komentar