Kamis, 14 April 2011

APLIKASI PERMAINAN MENGURUNG SERANGGA MENGGUNAKAN J2ME


Kali ini, saya akan membuat postingan tentang bagaimana cara membuat aplikasi permainan pada handphone menggunakan J2ME. Dan permainan yang akan saya gunakan kali ini adalah salah satu permainan sederhana, yaitu permainan “Mengurung Serangga”.

>Pertama-tama kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu J2ME?

Java2 Micro Edition (J2ME)

Java2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME bisa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistans (PDA’s) dan sejenisnya. Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangat bergantung pada device yang digunakan, bisa dari merk ponsel, maupun kemampuan ponsel, dan dukungan terhadap teknologi J2ME. MIsalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera maka jelas J2ME pada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera. J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE. Gambar di bawah ini merupakan arsitektur J2ME.


Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. profile-profile menyediakan user interface(UI) API, persistence, messaging library, dan sebagainya. Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat. Sebagai contoh, beberapa perangkat MIDP tidak memiliki Bluetooth built-in, sehingga Bluetooth API tidak disediakan dalam perangkat ini.

J2ME Wireless Toolkit


Java
Wireless Toolkit atau yang biasa disebut J2ME WTK yang dapat di-download di http://java.sun.com/javame/downloads/index.jsphttp://i.ixnp.com/images/v6.59/t.gif secara gratis. Sun Java Wireless Toolkit adalah perangkat lunak dari Sun Microsystems yang berfungsi untuk membuat dan mengembangkan aplikasi MIDlet , selain itu J2ME WTK menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi Java untuk perangkat kecil (small device). Sun Java Wireless Toolkit berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas ponsel yang digunakan.

Sun Java Wireless Toolkit menyediakan empat buah emulator. Emulator itu sendiri digunakan untuk menyimulasikan device didalam komputer sehingga aplikasi yang kita buat dapat dijalankan dan diuji coba tanpa harus di-install terlebih dahulu. Akan tetapi belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada handphone yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas handphone yang digunakan.

>Tentang Permainan Mengurung Serangga


Permainan mengurung serangga ini merupakan permainan 2 Dimensi yang hanya dapat dimainkan oleh satu pemain saja. Permainan ini sangat menarik, karena terdapat dua ekor serangga yang berbentuk hampir mirip hewan kecoa yang bergerak-gerak. Kedua ekor serangga ini harus kita kurung sampai serangga-serangga tersebut memiliki ruang lingkup yang semakin mengecil. Pada permainan ini, kita akan menghapus ruang lingkup serangga sampai sekitar 80% .Untuk menghapusnya, kita bisa menggunakan anak panah yang dapat kita pindahkan. Apabila ruang lingkup serangga – serangga telah terkurung sekitar 80%, maka nanti akan lanjut ke level selanjutnya.

Setiap kita mengurung satu serangga, maka nyawa kita juga akan ditambahkan. Sedangkan apabila tanda panah yang kita gerakkan tersebut mengenai serangganya, maka nyawa kita juga akan berkurang. Apabila tanda panah terus mengenai serangga, maka nyawa kita juga akan habis. Dan permainan pun berakhir.

>Langkah-langkah pembuatan project baru dapat dilakukan dengan cara berikut:

Pertama-tama kita buat project-nya terlebih dahulu dengan menggunakan Software J2ME Wireless Toolkit 2.5.2 Kemudian buka KToolbar-nya.

Jendela KTollbar

Kemudian, kita dapat membuat sebuah Project baru dengan memilih New Project lalu kita akan buat nama Project dan nama kelas MIDlet. Apabila muncul tampilan seperti di bawah ini, kita masukkan nama projectnya Mengurung Serangga dan nama kelas MIDletnya Mengurung Serangga juga. klik Create Project.
Jendela New Project
Apabila semua proses telah selesai, Akan terbuatlah suatu folder direktori baru dengan nama mengurung serangga tadi yang telah kita buat. Pada foder direktori tersebut terdapat beberapa direktori, seperti bin, lib, res, src, dan file project.properties. Direktori – direktori tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya masing- masing. Salah satunya adalah direktori res yang berfungsi untuk meletakkan file-file resource. Di dalam direktori res terdapat direktori images.

>Tahap Perancangan dan Implementasi Program


Tahap selanjutnya adalah cara-cara pembuatan permainan menggunakan Java Wireless Toolkit. Selain itu kita dapat menulis script Java 2 Me didalam notepad yang terdapat pada windows, kemudian script yang sudah ditulis tersebut dimasukkan ke dalam folder, hal ini untuk memudahkan pembuatan script.

Pertama-tama kita tuliskan terlebih dahulu untuk membuat petunjuk atau penjelasan tentang bagaimana permainan mengurung serangga ini, yaitu dengan mengetikkan script. Pertama, kita harus memulai dengan mengetikkan suatu perintah untuk memanggil source codenya agar bisa dijalankan dengan tidak ada
Tahapan ini merupakan tahapan pembuatan program aplikasi permainan Mengurung Serangga. Tahapan pembuatan program terdiri dari beberapa langkah. Langkah yang pertama adalah pembuatan project Mengurung Serangga pada J2ME Wireless Toolkit. Setelah project telah terbentuk maka mulai memasuki tahapan pembuatan source code. Source Code untuk program ini terdiri dari 4 kelas yang membentuk aplikasi permainan Mengurung Serangga. Program ini terdiri dari empat kelas, yaitu cutoff.class, cutoffcanvas.class,gamethread.class dan about.class.

A
pabila program berhasil dicompile, maka pilih menu Run yang ada pada menu toolbar.Lalu kita bisa mainkan permainan Mengurung Serangga ini. Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi permainan Mengurung Serangga.

Outputnya adalah:


Nah, seperti itulah cara-cara membuat permainan sederhana dengan J2ME. Mudah kan? Silahkan anda mencobanya sendiri.


7 komentar:

Eri Aditama Pratiwi mengatakan...

mbak bisa minta scriiptnya aplikasi mengurung serangga dunk???bwt coba2

kotakudepok mengatakan...

iya sist, minta coddingnya dong, buat di coba, kirim ke anjaeni.kawuri@gmail.com aja ya sist, tq ;)

Unknown mengatakan...

sourch code nya bisa minta ..septianfrz@gmail.com

INFO PMB INDONESIA mengatakan...

kk bantu saya dong..saya mau minta script game mengurun serangganya buat tugas kuliah thans..kirm ke netipliteksiskom@gmail.com

Unknown mengatakan...

mintak coding ny lah...kak pentng ini

Unknown mengatakan...

Keren gan permainannya :-D
Download Aplikasi dan game terbaru

HIN NUR WAISAH A mengatakan...

bagus gamenya, kalo boleh minta kodingnya donk mba ke hhinnur@yahoo.com makash

Posting Komentar